Contoh Hubungan Internasional


 

  1. Indonesia dengan RRC (1955) tentang Penyelesaian dwikewarganegaraan. 
  2. Indonesia dengan Thailand tentang garis batas laut Andaman sebelah utara selat Malaka 1071. 
  3. Indonesia dengan Malaysia tentang Ektradisi 1974.
  4. Indonesia dengan Australia tentang Pertahanan dan Keamanan kedua negara 1995.

     

    A.      Bilateral

     

    1. Hubungan Internasional Indonesia dengan Korea

                    Hubungan internasional Indonesia dengan Korea berjalan di segala bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, Indonesia dan Korea melakukan suatu kerjasama dalam bentuk beasiswa bagi siswa dan mahasiswa Indonesia untuk belajar di Korea.

                   Beberapa program beasiswa diturunkan dari beberapa lembaga dan universitas di Korea. Ada pula yang diturunkan oleh Kedutaan Besar Korea di Indonesia.

                    Program beasiswa ini tentunya membantu para siswa dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri, khususnya Korea. Program yang ditawarkan biasanya beasiswa S1, S2, hingga S3.

     

    2. Hubungan Internasional Indonesia – Norwegia

                 Hubungan bilateral Indonesia – Norwegia dalam bidang energi telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, sebagai hasil nyata dari perjanjian kerjasama bidang energi yang ditandatangani di Jakarta tanggal 18 September 1995.

                    Salah satu contoh dekatnya hubungan antara kedua negara ini dapat dilihat dari meningkatnya kegiatan seminar dalam bidang peningkatan produksi minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery), dan teknologi laut dalam.

     

    3. Hubungan Internasional Indonesia-Inggris

                    Hubungan Indonesia – Inggris berjalan di sektor perekonomian. Salah satu bentuk koneksi dagang Indonesia-Inggris adalah ekspor migas ke Inggris karena Inggris tak memiliki cadangan minyak bumi. Guna menutupi kekurangannya terpaksa pemerintah British Raya mencari koneksi dagang terhadap negara penghasil minyak bumi termasuk Indonesia.

                    Bentuk kerjasama Indonesia-Inggris di sektor perdagangan antara lain ekspor baja, karet alam, mebel dari kayu ke Inggris. Sebaliknya Inggris mengekspor bahan pangan berupa gandum, makanan olah lainnya, berbagai macam jenis mesin pabrik dan teknologi IT ke Indonesia.

     

    4. Hubungan Internasional Indonesia-Jepang

                    Hubungan ini dalam bentuk forum investasi bersama tingkat tinggi pemerintah swasta antara Jepang dan Indonesia. Rencana investasi ini meliputi masalah bea, customs, tenaga kerja, infrastruktur dan daya saing.

 

5. Hubungan Internasional Indonesia-Australia

                Hubungan ini dilakukan di bidang hukum dan perdagangan. Pemerintah Australia sepakat dengan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kerja sama bilateral, regional dan internasional. Kerja sama penegakan hukum dan keamanan. Meliputi penyelundupan manusia, perdagangan manusia dan kerjasama kejahatan.

 

6. Hubungan Internasional Indonesia-Ethiopia

               Hubungan ini melalui ekspor-impor produk utama Ethipopia dari Indonesia. Produk itu antara lain adalah sabun, benang, batu baterai, perlengkapan dapur, kertas. Sedangkan ekspor produk utama Ethiopia ke Indonesia adalah kulit

 

B.      Regional

 

1. Hubungan Internasional Indonesia dengan Negara-Negara ASEAN

                Hubungan Indonesia dengan negara-negara ASEAN salah satunya di bidang perdagangan yaitu AFTA (ASEAN Free Trade Area) yaitu dimana negara-negara yang berada di kawasan ASEAN dapat melakukan perdagangan bebas untuk melakukan ekspor impor tanpa dikenakan bea cukai.

 

C.      Multilateral      

 

1. Hubungan Internasional Indonesia  dengan banyak negara di seluruh dunia

                Hubungan Indonesia dengan PBB dalam bentuk perundingan mengenai hukum internasional dan tindakan terkait dengan masalah internasional.

                Dengan hubungan ini negara Indonesia berhak untuk mengajukan pandangan terhadap isu internasional. Bergabungnya Indonesia ke dalam PBB mempercepat proses penyelesaian konflik Indonesia – Belanda (penjajah), sehingga  mau mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949

    
 

 

 

Hubungan Bilateral


Kerja sama Indonesia – Filipina

  1. Forum on Democracy and Political Violence: Lessons from Indonesia and Philippines” di Manila, Selasa, 3 November 2009.

     

Kerja sama Indonesia – Afrika

  1. persetujuan perdagangan (trade agreement) yang ditandatangani oleh masing-masing Menlu pada 30 November 1997 di Cape Town, Afrika Selatan.
  2. MoU Indonesia dengan Provinsi Kwazalu Natal, Afrika Selatan yang ditandatangani pada Juli 2003 di Afrika Selatan.
  3. Komunike Bersama mengenai pendirian Komisi Dagang Bersama (Joint Statement on Establisment of the Joint Trade Commission) antara RI-Afrika Selatan yang ditandatangani kedua belah pihak pada tanggal 19 April 2005 dalam acara plenary meeting (rapat pleno) antara delegasi RI dan delegasi Afrika Selatan pada KTT Asia-Afrika di Jakarta

     

Kerja sama India – Korea

  1. Korea Selatan dan India menandatangani perjanjian hubungan kerjasama ekonomi terpadu, CEPA 7 Agustus 2009.

    Dengan perjanjian kerjasama ini, India akan menghapuskan atau mengurangi jumlah pembayaran bea masuk, sekitar 85 persen bagi barang-barang ekspor Korea Selatan. Sebaliknya, Korea Selatan akan menghapuskan atau mengurangi jumlah pembayaran bea masuk, sekitar 93 persen bagi barang-barang ekspor India.
    Dalam CEPA, barang-barang ekspor induk Korea, termasuk suku cadang mobil, besi-baja dan elektronik, dicantumkan sedangkan India dapat mengirim ahli bidang telekomunikasi informasi serta bidang teknologi bio ke Korea Selatan dengan mudah.
    Dengan adanya perjanjian ini, India akan mengakui barang produk dari Kompleks Industri Korea Selatan di kota Gaesong, Korea Utara sebagai barang produksi Korea Selatan.

     

     

Kerja sama India Amerika

  1. WASHINGTON, JUMAT – Presiden Bush menandatangani undang-undang yang berisi penghilangan pelarangan perdagangan nuklir dengan India.

 

Kerja sama Australia Amerika Serikat

  1. Amerika dan Australia bersama sama mengirimkan pasukannya pada tahun 1900 untuk menghentikan pemberontaan Boxer di Cina pada saat itu
  2. Australia dan Amerika bersama sama berperang di dalam perang Hamel, dan perang Tsushima yang lalu ditindak lanjuti oleh Presiden Roosevelt dengan mengirimkan armada Great White Fleet ke Australia pada tahun 1908 untuk menangkal ancaman dari expansi militer Jepang yang semakin aggresif

Australia, New Zealand dan Amerika menandatangi perjanjian ANZUS yang mengikat ketiga negara dalam sebuah perjanjian keamanan, termasuk didalamnya kerjasama untuk berkonsultasi, dan bergerak bersama dalam menangai ancaman bersama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s