rpp mikro teaching


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MICRO TEACHING

MATERI : REAKSI OKSIDASI REDUKSI
SUBMATERI : KONSEP BILANGAN OKSIDASI (BILOKS)

Oleh :
Nama : Jatmiko Budhi Prakosa
: K3309053
Prodi : Pendidikan Kimia

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA Budhi Prakosa
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Program/Semester : X
Semester : 2 (Genap)
Pokok Materi : Reaksi Oksidasi Reduksi
Submateri : Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion dan penentuan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
Standar Kompetensi : 3. Mendeskripsikan sifat – sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya
Kompetensi Dasar : 3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 20 Menit

I. INDIKATOR
A. Kognitif
1. Produk
a) Menjelaskan Pengertian Bilangan Oksidasi
b) Menjelaskan Konsep Aturan Bilangan Oksidasi
2. Proses
Menuliskan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion
B. Afektif
1. Karakter
a) Religius
b) Teliti
c) Jujur
d) Tanggung jawab
e) Percaya diri
f) Pantang menyerah
2. Ketrampilan Sosial
Terampil berdiskusi dan bekerjasama

II. TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Kognitif
1. Produk
a) Siswa dapat menjelaskan Pengertian Bilangan Oksidasi
b) Siswa dapat menjelaskan Konsep Aturan Bilangan Oksidasi
2. Proses
Siswa dapat menuliskan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion
B. Afektif
1. Karakter
a) Religius
b) Teliti
c) Jujur
d) Tanggung jawab
e) Percaya diri
f) Pantang menyerah
2. Ketrampilam Sosial
Terampil berdiskusi dan bekerjasama

III. MATERI PEMBELAJARAN

Bilangan Oksidasi

Bilangan oksidasi didefinisikan sebagai muatan yang dimiliki oleh suatu atom jika elektron diberikan kepada atom lain yang keelektronegatifannya lebih besar. Jika dua atom berikatan, maka atom yang keelektronegatifannya lebih kecil memiliki bilangan oksidasi positif, sedangkan atom yang keelektronegatifannya lebih besar memiliki bilangan oksidasi negatif.
Di bawah ini merupakan urutan tingkat keelektronegatifan atom-atom:
Logam < H < P < C < S < I < Br < Cl < N < O < F
Bilangan oksidasi sering disingkat dengan biloks.
Untuk menentukan bilangan oksidasi (biloks) berbagai atom unsur dalam senyawanya disusun aturan sebagai berikut :
1. Unsur bebas seperti Cu, Fe, Ag, dan Na mempunyai biloks 0 (nol).
2. Jumlah biloks seluruh atom dalam senyawa adalah 0 (nol).
a. Molekul bebas seperti H2, N2, O2, dan Cl2 mempunyai biloks 0 (nol).
b. Senyawa seperti NaCl, CuO, dan KOH mempunyai biloks 0 (nol).
3. Jumlah biloks seluruh atom dalam ion = muatan ion.
a. Ion tunggal mempunyai biloks sesuai dengan muatannya, contoh:
Biloks Cu2+ = +2
Biloks Cl- = -1
Biloks S2- = -2,
Biloks Ca2+ = +2
b. Ion poliatomik mempunyai biloks sesuai dengan muatannya, contoh:
Biloks SO42- = -2
Biloks NH4+ = +1
4. Unsur golongan IA (Li, Na, K, Rb, Cs, dan Fr) dalam senyawa mempunyai biloks +1.
Contoh, biloks K dalam K2O = +1.
Unsur golongan IIA (Be,Mg,Ca,Sr,Ba, dan Ra) dalam senyawa mempunyai biloks +2.
Contoh, biloks Ca dalam CaO = +2.
Unsur golongan IIIA (B,Al,Ga,In, dan Ti) dalam senyawa mempunyai biloks +3.
Contoh, biloks Al dalam Al2O3 = +3.
Unsur golongan VIIA (F, Cl, Br, I, dan At) dalam senyawa mempunyai biloks -1.
Contoh, biloks Br pada NaBr = -1.
5. Biloks Hidrogen (H) pada umumnya adalah +1 misalnya H dalam HCl, H2O, dan NH3. Perkecualian biloks H = -1 pada hidrida logam seperti NaH, KH, dan BaH2.
6. Biloks Oksigen (O) pada umumya adalah -2 misalnya O dalam CO2 dan H2O.
Perkecualian biloks O = -1 dalam peroksida seperti H2O2 dan BaO2.
Biloks O = + 2 dalam OF2.

IV. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan : Konstruktivisme
Metode Pembelajaran : Model Kooperatif tipe Think Pare Share (TPS)

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

No. Kegiatan Deskripsi Waktu Karakter
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
a. Apersepsi : “Masih ingatkah kalian kemarin kita telah belajar tentang apa? Bagaimana aplikasi redoks dalam kehidupan kita?“
b. Orientasi : “Dalam pertemuan kali ini, kita akan mempelajari tentang Konsep Bilangan Oksidasi atau Biloks.”
• Menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran.
• Memberitahu menerapkan metode Think Pare And Share (TPS).
c. Motivasi : Manfaat mempelajari materi ini adalah kita dapat mengetahui reaksi redoks yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

5 menit Religius
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi : Menyampaikan materi secara klasikal mengenai pengertian Bilangan Oksidasi (Biloks) dan aturan penentuan bilangan oksidasi
b. Elaborasi :
• Memberikan soal individual kepada siswa
c. Konfirmasi :
• Memberikan kesempatan pada siswa untuk berdiskusi secara berpasang-pasangan.
• Memilih secara acak salah satu siswa lalu menerangkan kedepan kelas.
• Mengumpulkan semua hasil mengerjakan kartu soal

10 menit Disiplin

Jujur dan Teliti

Tanggungjawab

Percaya Diri dan Pantang Menyerah
3. Kegiatan Akhir
a. Meminta salah satu siswa untuk menyimpulkan pembelajaran mengenai materi konsep bilangan oksidasi (biloks).
b. Memberikan kuis tentang konsep bilangan oksidasi dan reaksi reduksi-oksidasi.
c. Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan siswa sekaligus memberikan tugas rumah.
d. Memberikan pekerjaan rumah membuat rekaman lagu menggunakan lirik bilangan oksidasi
e. Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya, yaitu tatanama menurut IUPAC, untuk itu siswa diharapkan mempelajari LKS dan buku Kimia.
f. Mengakhiri pembelajaran dengan memberikan salam

5 menit Percaya Diri, Teliti dan Pantang Menyerah
Disiplin, Jujur dan Teliti

Religius

VI. SUMBER BELAJAR, ALAT DAN BAHAN

a. Sumber Belajar
Purba, Michael. 2004. KIMIA UNTUK SMA KELAS X(1B). Jakarta : Erlangga
(hal 76- 87)

b. Media Belajar
– Presentasi power point dengan materi ajar Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion
– Laptop dan LCD
c. Bahan Belajar
– Soal Kuis

VII. PENILAIAN

a. Penilaian Hasil Diskusi (Lembar Penilaian 1 – LP 1)
b. Penilaian Kognitif (Lembar Penilaian 2 – LP 2)
c. Penilaian Afektif (Lembar Penilaian 3 – LP 3)

Mengetahui, Surakarta, 22 Februari 2012
Kepala SMA Budhi Prakosa Guru Mata Pelajaran Kimia

Jatmiko Budhi Prakosa
NIP. NIM. K3309053

LEMBAR PENILAIAN DISKUSI ( LP 1)

KISI-KISI SOAL KOGNITIF

No. Indikator Soal Jenjang Nomor Soal
1. Siswa dapat menentukan bilangan oksidasi dari suatu senyawa C3 1, 2, 3,4, 5

Soal diskusi
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas : X
Hari / Tanggal :
Waktu :

Kerjakan soal dibawah ini!

1. Tentukan Bilangan Oksidasi S dari senyawa SF6 !
2. Tentukan Bilangan Oksidasi Fe dari senyawa FeO !
3. Tentukan Bilangan Oksidasi Fe dari senyawa Fe2O3 !
4. Tentukan Bilangan Oksidasi Mn dari senyawa MnCl2 !
5. Tentukan Bilangan oksidasi N dari NO3-1 !

KUNCI JAWABAN DISKUSI
1. Bilangan Oksidasi S adalah +6 (skor 10)
2. Bilangan Oksidasi Fe adalah +2 (skor 10)
3. Bilangan Oksidasi Fe adalah +3 (skor 10)
4. Bilangan Oksidasi Mn adalah +2 (skor 10)
5. Bilangan Oksidasi Mn adalah +5 (skor 10)
Nilai = skor/5
Nilai maks 100

LEMBAR PENILAIAN DISKUSI ( LP 2)
KISI-KISI SOAL KOGNITIF

No. Indikator Soal Jenjang Nomor Soal
1. Siswa dapat menentukan bilangan oksidasi dari suatu senyawa C2 1, 2, 3,4, 5

UJI KOGNITIF SISWA

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih jawaban benar atau salah pada lembar jawab yang telah disediakan!

1. Bilangan oksidasi Vanadium pada senyawa NaVO2 adalah +3.
2. Bilangan oksidasi Nitrogen pada senyawa asam nitrat adalah +4.
3. Logam Cr mempunyai biloks +6 pada ion CrO42-.
4. Logam Aluminium mempunyai biloks +3 pada senyawa aluminium hidroksida.
5. Bilangan oksidasi Nikel pada ion Ni(H2O)42+ adalah +3.

KUNCI JAWABAN UJI KOGNITIF
1. Benar . (skor 10)
2. Salah (Biloks N pada HNO3 adalah +5) . (skor 10)
3. Benar . (skor 10)
4. Benar . (skor 10)
5. Salah (Biloks Ni pada ion Ni(H2O)42+ adalah +2) . (skor 10)
Nilai = skor/5
Nilai maks 100

LEMBAR PENILAIAN DISKUSI ( LP 3)

KISI- KISI ANGKET PENGUKURAN ASPEK AFEKTIF
No Jenjang Indikator Nomor item
+ –
1 Receiving/ Penerimaan Mempunyai kemauan untuk berusaha
2 Responding/ Pemberian respon Perhatian terhadap pelajaran
3 Valuing/ Penilaian Menyukai sesuatu yang bersifat positif
4 Organization/ Pengorganisasian Bertanggung jawab atas tugas yang diberikan
5 Characterization / Karakterisasi / Pengalaman Mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dalam diskusi
Jumlah

INSTRUMEN ANGKET AFEKTIF
NAMA :…………………………………….
NO :……………………………………
KELAS :…………………………………….
Petunjuk
1. Bacalah baik-baik setiap pernyataan berikut
2. Jawablah penyataan berikut sesuai dengan keadaan pada diri anda yang sebenarnya
3. Isilah kolom jawab dengan cara memberi tanda (V)
SS : Sangat Setuju
S : Setuju
TS : Tidak Setuju
STS : Sangat Tidak Setuju

No Pernyataan SS S TS STS
1 Belajar mengenai reaksi redoks mudah dan menyenangkan
2 Saya selalu belajar di malam sebelum pelajaran
3 Saya mengerjakan latihan soal sendiri maupun tugas dari guru
4 Saya selalu berdiskusi tentang materi pembelajaran
5 Saya berusaha mencari literatur tentang materi ini

UJI KOGNITIF SISWA

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memilih jawaban benar atau salah pada lembar jawab yang telah disediakan!

1. Bilangan oksidasi Vanadium pada senyawa NaVO2 adalah +3.
2. Bilangan oksidasi Nitrogen pada senyawa asam nitrat adalah +4.
3. Logam Cr mempunyai biloks +6 pada ion CrO42-.
4. Logam Aluminium mempunyai biloks +3 pada senyawa aluminium hidroksida.
5. Bilangan oksidasi Nikel pada ion Ni(H2O)42+ adalah +3.

SOAL BAHAN DISKUSI
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas : X
Hari / Tanggal :
Waktu :

Kerjakan soal dibawah ini!

1. Tentukan Bilangan Oksidasi S dari senyawa SF6 !
2. Tentukan Bilangan Oksidasi Fe dari senyawa FeO !
3. Tentukan Bilangan Oksidasi Fe dari senyawa Fe2O3 !
4. Tentukan Bilangan Oksidasi Mn dari senyawa MnCl2 !
5. Tentukan Bilangan oksidasi N dari NO3-1 !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s